iki waktu ing dunia

Monday, March 19, 2007

Shinkansen Generasi Terbaru, Tanpa Gerbong Perokok


Oleh beritaiptek.com

Jepang menguji coba shinkansen (disebut juga bullet train/kereta peluru karena bentuknya seperti peluru) pada Senin pekan lalu untuk jurusan Tokyo ・Shin-Osaka yang berjarak 515 km dengan kecepatan puncak mencapai 270 km/jam. Ini berarti jarak 500 km akan dicapai dalam waktu kurang dari 2 jam. Shinkansen terbaru ini diberi nama seri N-700 dan akan mulai diluncurkan pada tahun 2007.

Shinkansen generasi terbaru ini juga tidak akan menyediakan gerbong khusus bagi perokok. Sebagai gantinya akan disediakan ruangan sempit untuk yang ingin merokok. Ketika penumpang ingin merokok, maka masuk ke ruangan sempit ini sampai selesai merokok baru kembali ke kursi penumpang. Ruangan ini memuat antara 2 sampai 4 orang dan dalam satu kereta akan ada sekitar enam ruangan sempit untuk para perokok. Perlu diketahui selama ini shinkansen selalu menyediakan gerbong khusus perokok.

Namun ada komentar menarik di website Japan Today tentang kebijakan baru shinkansen ini. Kebijakan ini dikatakan kebijakan yang buruk. Bagi perokok tentu ini merepotkan. Sedangkan bagi orang yang tidak merokok, maka ini akan menjadi "neraka" karena akan berdekatan dengan perokok, yang meskipun tidak merokok di dalam gerbong penumpang, tapi baunya akan tetap mengganggu orang yang tidak merokok.

Memang Jepang mengetatkan aturan dalam hal rokok ini. Sejak dahulu di setiap stasiun selalu ada smoking corner tempat para perokok berkumpul. Akhir-akhir ini beberapa kota dan kampus telah menerapkan larangan untuk berjalan sambil merokok. Malahan ada yang menerapkan denda yang cukup tinggi bagi yang melanggarnya





No comments: